Search This Blog

Friday 15 July 2016

Mau punya penghasilan 90 juta sebulan ? Tanam kangkung atau tomat saja !

Berapa penghasilan perbulan anda saat ini ? 
Ga ada, dibawah UMR, UMR, 3 juta, 5 juta, 10 juta atau 20 juta ?

Maukah punya penghasilan 90 juta sebulan ? Tanam saja hidroponik kangkung atau hidroponik Tomat !
Ini ada 2 contoh sukses menanam kangkung hidroponik dan tomat hidroponik

Pasti anda tidak percaya anda juga bisa ber-omzet 90 juta sebulan dan sudah memiliki banyak alasan untuk bilang tidak mungkin bisa mendapat penghasilan sebesar itu.
Alasan-alasan itu antara lain :
1. Tidak mengerti hidroponik
2. Tidak punya lahan yang luas
3. Tidak punya orang yang akan mengolah lahannya
4. Tidak punya modal
4. Tidak tahu harus jual panennya kemana
5. Tidak tahu dan tidak punya yang lainnya

Alasan-alasan diatas bisa dipatahkan dengan :
1. Mulai belajar apakah hidroponik itu dan mulai menanam tanaman hidroponik
2. Modal bisa darimana saja kalau yang kita pelajari di no.1 sudah berhasil kita capai dengan kualitas yang baik. Mulai dari skala kecil dahulu dan berserikat dengan petani-petani yang lain.
3. Hidroponik tidak perlu lahan seluas pertanian konvesional karena bisa di buat bertingkat 5 misalnya, serta tidak perlu tenaga untuk mencangkul atau mengolah lahan yang hendak ditanami.
4. Kebutuhan pasarnya masih sangat luas dan juga bisa berharga premium bila kualitas dan kuantitas bisa di jaga

Yang paling penting harus kita sadari adalah, semua ini ada prosesnya, dan kita harus melalui proses kalau ingin berhasil seperti mereka-mereka ini.

Kutipan asli dari facebook Kang Charlie yang menjelaskan asal muasal penghasilan 97 juta / bulan dari kangkung hidroponik. Selain kangkung beliau juga memilik beberapa tanaman lainnya baik hidroponik maupun organik.
Masih Kangkung...
Postingan kemarin tentang kangkung,masih banyak yg ragu.
1. Ragu tempat....bener atau enggak kebunnya eksis.
Jawabnya : bener banget,soalnya aq lihat sendiri.Ada beberapa pemirsa yang mengetahui tempatnya. Kalo soal dikunjungi,mesti tanya pemiliknya.Kecuali ke kebun Padalarang,silahkan datang kapanpun dan siapapun.
2. Masalah harga..koq harganya Rp. 12000/kg..ngaco ?
Jawabnya : enggak ngaco sama sekali. Tadi aq sengaja beli kangkung di supermarket,ditimbang disana. Hasilnya, 250gr kangkung dihargai Rp. 9.900 ..
Berarti,sekilo harganya Rp. 9.900 x 4 = Rp. 39.600,-...berarti yang 12ribu/kilo masih jauh lebih murah.Aq rugi juga,pake beli segala.Padahal di kebun , kangkung berlimpah.
3. Panen sebanyak 8100 kg/ bulan , kemana serapannya ? ga mungkin habis terjual...
Jawabnya : 8100 kilo itu kalo panennya sekaligus.sedangkan,panen di kebun secara harian. Berarti sehari cuma panen 8100 : 30 = 270 kilogram..jumlah ini sedikit banget dibanding kebutuhan di pasar yang mencapai 3 ton per hari ( kata supir pengangkut kangkung di pasar andir,bandung )...
4. Pasarnya dimana ?
Jawabnya : kangkung yang di kebun itu,diserap langsung oleh end user ( restorant siipuut terkenal ).Aq ketemu banyak pedagang besar sayuran yang ternyata masih kekurangan pasokan,dengan besaran jumlah yang bikin puyeng.Jadi,selama kita menanam dengan baik,maka pasar akan tersedia.Kalo menanam sembarangan,ya susah deh jualnya...
5. Cara nanemnya gimana ?
Jawabnya : aq tanem pake hidroponik dan konvensional organik.Kenapa ? karena lahan disini terbatas.Karena,air selokan disini sudah tercemar dengan limbah industri dan rumah tangga , bahkan wc.Mau beli air ajjah mahal banget,ga akan sesuai dengan harga jual.Berbahagia kita yang masih tinggal ditempat dimana air sungai dan sawah nya masih bersih.
Kesimpulannya adalah,sekali lagi,bukan buat sok pinter atau sok pamer. Tapi,cuma buat jadi bahan pemikiran kita semua,bahwa ga selamanya jadi petani itu bodoh dan miskin.Ga selamanya jadi petani itu mesti berpeluh dan berhujan,dengan tangan kapalan karena hobi macul. Banyak petani modern yang tangannya halus,karena ibu ibu biasa yang ga bisa macul.Jika diadu antara tanam di lahan konvensional dan modern,tentu ga relevan.Masing masing punya keistimewaan tersendiri,susah dan senangnya.
Kalo kita menanam sendiri,hasilnya bisa kita hargai sendiri.Mau 12000/kilo , mau 1000/kilo, itu hak kita.Bahkan sering ada teman datang untuk ikut panen di kebunku,dengan senyuman mereka ajjah seakan dah kebales harganya.
Aq berharap,dengan pemaparan tentang kangkung kemarin,akan menggugah banyak orang.Sehingga mempunyai pemikiran yang baik terhadap dunia tani. Lihat ajjah,banyak generasi muda yang ga mau jadi petani, padahal mereka sekolah di bidang pertanian.Mereka lebih suka jadi buruh pabrik atau kerja kantoran.Lha terus,kalo ga ada petani,gimana kita bisa sampe ke ketahanan pangan ? mau terus tergantung pada luar negeri yg kita ga tau penanamnannya gimana.
Semoga dengan pemaparan ini,pertanian di negeri kita ini akan semakin baik.Akan semakin banyak yang berpikir jika pertanian bisa menjadi sandaran hidup...
Kalo mau ngobrol lebih rame,silahkan main ke kebun aq di Padalarang,bandung barat..sambil ngopi ngeteh ngeair putih..
selamat berkarya....

No comments:

Post a Comment