Search This Blog

Tuesday 5 July 2016

Semai Hidroponik sayuran buah seperti cabe, paprika, tomat bandung, tomat cherry dan melon

Setelah mencoba beberapa tanaman sayuran daun seperti selada keriting, caisim, sawi putih, kangkung, pakchoy dan lainnya yang hasilnya cukup memuaskan menurut saya dan juga teman-teman. Memuaskan karena tanaman hidroponik yang sudah besar tumbuh dengan subur dengan ciri daun yang lebar, batang yang kokoh dan juga bentuk tampilan keseluruhan tanaman yang bagus, saya mulai coba menanam hidroponik sayuran buah tomat dan cabe.

Kenapa saya pilih tomat dan cabe, karena kedua tanaman itu yang sering diperlukan dan dimanfaatkan dalam kegiatan masak setiap rumah tangga setiap harinya. Daripada mengeluh soal harga cabe yang tiba-tiba mahal dan tidak masuk akal, mengapa tidak kita tanam saja cabe serta tomat sendiri di halaman rumah kita. Toh tidak perlu tempat yang luas dan perawatan yang rumit kalau kita hanya pelihara 5 sampai 6 pohon tomat dan cabe. Tanaman tomat dan cabe saya tidak semuanya tanaman yang baru semai dan ditanam dengan cara hidroponik. Tapi sebagian ada pindahan dari akuaponik dan dari pot yang menggunakan tanah / kompos yang komposnya saya beli dari tukang tanaman di cibinong. Karena kebetulan posisinya kurang mendapat sinar matahari secara maksimal maka pertumbuhannya jadi kurang maksimal. Tanaman tomat dan cabe yang saya tanam dengan kedua metode itu hanya tumbuh pada awalnya saja, setelah tingginya sekitar 5 cm mulai tersendat pertumbuhannya dan tidak bertambah tinggi walaupun kedua tanaman itu tidak mati.

Untuk cabe sekarang sudah ada 4 pohon yang saya tanam secara hidroponik mulai besar serta mulai muncul banyak kembang dan beberapa pohon sudah mulai belajar berbuah ( lingkaran kuning ). Alhamdulillah. Untuk tomat belum ada yang berbuah tapi ukuran batang cukup besar dan kuat untuk berdiri tegak ( beberapa pohon tidak saya bantu dengan tali / kayu / ajar untuk pertumbuhannya ). 
 

Untuk 2 bibit melon yang saya semai, juga pertumbuhannya cukup baik. Daunnya lebar dan mulai merambat kemana-mana. 





Berdasarkan pengalaman-pengalaman diatas, pertumbuhan sayuran daun dan sayuran buah yang cukup baik itu, sekarang saya sedang mencoba semai bibit paprika merah, hijau, kuning dan orange ( mix ), terong ungu dan tomat cherry
Paprika saya coba semai dan tanam di hidroponik karena harganya yang saya lihat sampai 120rb / kg di supermarket / hipermarket atau satu buahnya sekitar 20 ribuan. Sehingga sangat masuk akal kalau memang bisa dikembangkan secara bisnis akan sangat menguntungkan para petani dan orang yang menanamnya. Sedangkan tomat cherry saya semai karena ada teman yang pesan bibit tomat cherry ini dan buahnya juga bagus dan enak dilihat, jadi setelah dapat bibit tomat cherry ini saya juga langsung mencoba semai. Semoga hasil semai sayuran buah paprika dan tomat cherry dengan nutrisi AB Mix buah yang saya gunakan ini bisa bagus juga hasilnya sehingga memudahkan saya saya kalau ada teman maupun pelanggan lainnya yang perlu bibit-bibit diatas. Aamiin.
Bibit paprika, tomat cherry, melon, terong ungu



Selamat menanam sayuran buah
By : indraambogahidroponik.blogspot.com

No comments:

Post a Comment