Search This Blog

Wednesday 20 July 2016

Memulai project penghasilan 9 juta perbulan


Kenapa judulnya Memulai project penghasilan 9 juta perbulan ?  karena ada artikel temen di facebook yang penghasilannya dari 2ribu tanaman tomat hidroponiknya menghayal dapat 90 juta perbulannya ( lihat artikel 90 juta ). Jadi kalau saya tanam 200 an pohon berarti penghasilannya 10% nya alias 9 juta perbulan kan. Semoga nantinya akan berlanjut ke 20 juta, 50 juta dan ratusan juta perbulannya.

Hari minggu kemarin dah mulai semai 4 baki bibit berisi sekitar 200-an bibit Tomat cherry, cabe keriting, paprika merah dan hijau, kale, kailan dan selada merah.
Semai paprika dan tomat cherry
Tomat, cabe, selada merah, kale, kailan

tutup biar ga kena simat












berarti 2 minggu kedepan dah harus siapin talang air jarak 10 cm untuk tanam pohon yang mulai berdaun 4 alias remaja. Lanjut 2 minggu kedepannya talang air untuk tanaman dewasa dengan jarak 20 cm per lubang. Bismillah sajalah, namanya juga belajar dan modalnya juga ga terlalu besar kok. 
Bibit ga sampai 5 ribu, rockwool 100-ribuan, Paling talang air + nutrisi yang agak lumayan gede budgetnya, total keduanya bisa sekitar 1 jutaan. Untuk tutup atas yang pake plastik UV dan tutup sampingnya ga usah dulu. Nanti kita lihat banyak hamanya ga menanam menggunakan sistem terbuka seperti itu. Kalau ga banyak, ya lanjut pakai sistem terbuka. Tapi kalau banyak hama belalang, semut putih dan hama lainnya, baru pasang tutup atas dan samping. Yang penting mulai dulu dengan start yang tidak terlalu mahal, biar semangat tanpa mikir harus keluar biaya untuk ini dan itu. Kuncinya kan cuma ada 3, yaitu Action, action dan action.

Rata-rata orang itu pada males belajar apalagi action, maunya langsung sukses saja tanpa melalui proses yang mungkin memakan waktu lama sebelum akhirnya usahanya sukses. 
Saya dulu pernah tanya sama Ex temen ABTP saya yang sekarang sudah jadi motivator sukses di Batam, Jaya Setiabudi founder Yuk Bisnis.com. Usaha apa sih Jay yang paling bagus dan cocok untuk saat ini ? jawabannya simple saja, usaha yang paling bagus adalah usaha yang dijalankan dan ditekuni. Jadi ga peduli apapun usahanya jalankan saja. Contoh kasusnya banyak sekali, ada orang yang cuma kumpulin kardus bekas, botol bekas, komputer bekas, jadi makelar mobil atau tanah, jadi programmer, jual nasi uduk, dll mereka bisa kaya raya. Tinggal kita pilih saja mau jadi apa, lalu action dan di tekuni. Inshaa Allah sukses.

Pokoknya uang, modal, pemasaran, penjualan, biaya, orang, tempat dll jangan dijadikan alasan kita ga action. Mulai saja dari yang kecil dan murah, ga harus mulai dengan modal jutaan atau puluhan juta. Mulai saja dari yang puluhan ribu seperti paket yg ini. 

Karena memang tekadnya harus lumayan kuat untuk memulai sesuatu yang baru. 
Kalau alasan ga punya lahan, hidroponik itu bisa di halaman atau atap rumah cukup 10 sampai 20 bibit tanaman saja jadi ga perlu lahan yang luas. biayanya murah bahkan nyaris ada yg gratis, ada yg 10 ribu, 40 ribu, ratusan ribu atau jutaan kan cuma masalah skala usaha yang kita mau saja.
artikel hidroponik murah menggunakan talang air pernah saya ulas di sini  atau hidroponik 10ribu pakai baskom link ini 

Kalau kita ingin mendapatkan penghasilan 90jutaan perbulan, mulailah dari hanya ribuan, puluhan ribu atau ratusan ribu perbulan. Secara perlahan dan pasti tinggal disesuaikan saja budgetnya, yang penting jangan terlalu memaksakan diri untuk sesuatu yang memang belum mampu kita capai saat ini. 

Artikel terkait paket semai murah untuk pemula

Segera action
by: indraambogahidropnik.blogspot.com

No comments:

Post a Comment