Search This Blog

Sunday 12 June 2016

Ayo Menanam Tanaman Hidroponik Sekarang

Kenapa saya kasih judul Ayo menanam tanaman hidroponik sekarang karena menanam tanaman seperti Selada, Pakchoy, Kangkung, Bayam, Tomat, Cabe, dll secara hidroponik, sangat mudah dan murah seperti salah satu artikel saya Hidroponik murah menggunakan talang air.

Masalahnya adalah kita yang terkadang terlalu ribet dan banyak keinginannya. Misalnya sudah membayangkan jadinya mau menggunakan gully atau paralon 3 atau 4 susun yang disangga menggunakan baja ringan. Keren sih kalau jadi seperti itu tapi begitu mau membeli dan melihat harganya yang 2 - 4 juta malah kaget sendiri, oh mahal ternyata kalau beli yang seperti itu. 
Setelah ditimbang-timbang, akhirnya diputuskan akan coba bikin sendiri. Sepertinya bisalah buat sendiri kalau cuma seperti itu aja. Mulailah cari info ke mbah google dan youtube mengenai cara pembuatannya, dari harga baja ringannya, bautnya, embernya, mesin airnya, selangnya, harga paralon dan cara melubangi paralonnya. Waduh meskipun terlihat sederhana, ternyata sepertinya susah juga bikin sendiri dan harganya mahal juga dengan kemungkinan hasil yang tidak sekeren kalau beli.
Kepusingan lainnya yang di buat sendiri adalah halaman saya kecil, saya tidak bertangan dingin, saya sepertinya tidak ada waktu untuk merawatnya, di rumah saya ada kucing, ada ayam, ada kambing, ada harimau, ada buaya, dll (memangnya kebun binatang)
maunya langsung jadi seperti ini
seperti ini
atau seperti ini


Akhirnya malah batal deh rencana membuat hidroponik karena kepusingan yang dibuat sendiri he...he...he...

Padahal seharusnya mulai saja dulu, semai cukup 10 sampai 15 bibit tanaman hidroponik dengan beli bibit re-pack seribuan, rockwool dan nutrisi AB MIx saja paling hanya 50 ribu rupiah. Selesai. Jangan pikirkan yang lainnya, semai saja dulu
Kalau mau gampang bisa juga beli paket semai di sini yang cuma 50 ribu selain bibit, rockwool, nutrisi AB Mix + sudah ada baki dan suntikan untuk takaran nutrisi + panduan cara semai serta panduan cara pemberian nutrisinya.
Setelah sekitar 1 minggu semai dan tanaman hidroponiknya mulai ada yang berdaun 2, mulailah kumpulkan botol bekas air mineral untuk tanaman yang mulai besar sebanyak 10 - 15 botol saja atau sebanyak jumlah bibit yang kita semai. Atau kita beli talang air 1 batang + tutup ujungnya.

Ketika sudah 2 minggu semai dan tanaman hidroponik kita sudah berdaun 4, pindahkan ke botol bekas air mineral atau talang air yang sudah kita siapkan. Kita tidak perlu merawat setiap hari tanaman hidroponik remaja ini cukup tiap 2-5 hari saja, itupun hanya untuk mengecek air nutrisi AB Mixnya saja habis atau belum. Kalau habis silahkan ditambahkan saja, selesai. Begitu terus yang kita harus lakukan sampai tanaman hidroponik Selada, Pakchoy, Kangkung, Bayam, Tomat, Cabe. dll tiba saatnya untuk di panen.

Biasanya pas mau panen kita akan senang dan kaget karena ternyata kita bisa juga menanam hidroponik dan hasilnya juga cukup bagus dengan usaha yang tidak terlalu keras. Jadi apalagi yang ditunggu, ayo mulai menanam tanaman hidroponik sekarang.


Artikel terkait cara membuat penyangga tanaman dari paralon

Ayo menanam
by : indraambogahidroponik.blogspot.com



No comments:

Post a Comment