Search This Blog

Thursday 2 June 2016

Paket semai murah hidroponik, sekali panen saja sudah kembali modal

Cukup kaget juga dengan respon dari teman-teman setelah baca email dan foto dari saya tentang pohon selada hidroponik umur 4 minggu, ternyata cukup banyak yang tertarik dan bertanya-tanya bagaimana caranya supaya bisa punya selada yang bagus seperti itu juga. Supaya tidak terlalu sering ngomongin hal yang sama dengan orang yang berbeda-beda, makanya saya mencoba sharing kepada teman-teman dan siapa saja yang tertarik untuk mulai menanam, melalui blog ini indraambogahidroponik.blogspot.co.id 

Ini beberapa contoh pernyaan-pertanyaannya :
  • Itu yg warna coklat tahu ? dikirain tahu gopean keliling yg di goreng dadakan he..he.., padahal itu rockwool
  • Ada yang tanya rockwoolnya bikin atau beli
  • kangkung dan selada yang di tanam apanya, batang pohonnya atau apanya ? dan rata-rata kaget waktu saya bilang yg di tanam bijinya; memang ada bijinya kata mereka he..he..he..
  • Beli bibit dan rockwolnya dimana
  • Nutrisi AB Mix itu apa
  • Ppm dan PH apa
  • Paralonnya beli atau bikin sendiri, ukurannya berapa x berapa
  • cara lubangi paralon bagaimana, harga paralonnya berapa
  • dan masih banyak pertanyaan lanjutan lainnya
Biar temen-temen tidak ribet dan bingung beli semua barang-barang yang kualitasnya juga belum kita tahu, alias coba-coba seperti yang pernah saya lakukan dulu dan ternyata lumayan perlu waktu banyak juga untuk mencobanya. Karena tempat membelinya kadang tersebar di beberapa tempat baik online maupun offline yang menyebabkan biaya kirimnya cukup besar kalau beli online yang tersebar di beberapa toko serta perlu ongkos dan waktu kalau beli langsung ke toko pertanian, maka saya coba buatkan paket semai yang murah meriah. Selain itu juga untuk memberi jaminan kepastian kualitas barangnya, karena semua barang yang dijual online dan offline itu kualitasnya juga berbeda-beda. Seperti rockwool yang saya tes beli dari 3 tempat berbeda hanya 1 yang kualitasnya bagus yang 2 kurang bagus. Untuk nutrisi AB Mix juga baru diputuskan yang sekarang setelah melihat hasilnya yang paling bagus dibandingkan yang lain. Benih sayuran daun hidroponik maupun benih sayuran buah hidroponik kalau yang beli packing-an pabrik harusnya kualitasnya sama saja untuk pabrik / PT yang sama, cuma kalau kita beli 1 pack seharga sekitar 15 ribuan menurut saya terlalu banyak bibitnya, kalau cuma buat sekedar hobi dan bukan skala bisnis karena jumlahnya bisa sampai ribuan bibit. Jangan lupa lihat tanggal kadaluarsanya juga (walaupun menurut saya sih harusnya tidak ada kadaluarsanya).

Saya juga menyediakan bibit re-pack harga seribuan yang isinya ratusan bibit, daripada beli 1 macam bibit 15 ribu rupiah. Sebenarnya dengan harga yang sama, kita bisa mencoba 10 - 15 macam bibit yang berbeda-beda, tidak cuma 1 macam bibitsaja . Mungkin saja kita ingin lihat kalau pakchoy, sawi putih dan caisim jadinya seperti apa dan rasanya bagaimana. Bayam merah sepertinya bagus kalau di tanam dekat tembok rumah yang catnya putih ( lho apa hubungannya he..he... ) atau ingin membuktikan, apakah buah tomat dan melon benar-benar bisa di tanam secara hidroponik ?

Gambar di bawah adalah contoh jenis rockwool yang kualitasnya bagus dan kualitas kurang bagus yang pernah saya coba-coba. Untuk yg kualitasnya kurang bagus, gampang hancur dan susah kalau mau di pindah-pindah, akar tanaman jadi tidak punya pegangan yang kokoh.

Contoh rocwool bagus ( bawah )  dan jelek ( tengah - atas ) yang hancur

Paket semai hidroponik murah terdiri dari ;
  • Baki untuk tempat semai
  • Rockwool kualitas super untuk tempat bibit / biji
  • 4 bungkus Bibit ( ratusan  bibit Kangkung, ratusan  bibit Bayam, ratusan  bibit Selada dll - untuk paket sayuran daun ) atau 4 bungkus bibit ( 5 bibitTomat, 2 bibit cabe, ratusan kangkung - untuk paket sayuran buah )
  • Nutrisi AB Mix, menggunakan merk yang sudah di coba dan hasilnya bagus
  • Suntikan untuk memastikan takaran nutrisi yang pas dan akurat. Sehingga kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik tercukupi dengan baik, serta tidak berlebihan yang menyebabkan boros karena nutrisi AB Mix jadi lebih cepat habis tapi tetap tidak kekurangan nutrisi sama sekali.
  • Panduan perbandingan nutrisi AB Mix dan air untuk mendapatkan nilai PPM nutrisi yang tepat
  • Panduan pengaturan nutrisi PPM untuk semai sampai panen
  • Panduan cara semai
Harga paket semai hidroponik ini langsung lunas, hanya dgn sekali panen 10 selada + 5 pot kangkung saja. Apalagi kalau dilanjutkan dengan panen-panen selanjutnya karena jumlah paket bibit selada dan kangkung hidroponiknya ada ratusan bibit.

Untuk order paket ini juga bisa di tokopedia
https://www.tokopedia.com/hobimania/paket-semai-hidroponik-murah-berkualitas?n=1
Kalau misalnya percobaan semai pertama ternyata masih belum sukses, masih ada ratusan bibit yang bisa di coba tanam lagi. seperti yang saya tulis di materi semai hidroponik, matahari merupakan hal penting pada saat semai tanaman hidroponik ini. Selain izin dari Allah Yang Maha Kuasa tentunya.
Bila tanamannya bermasalah bisa diskusi dgn kirim gambar hasil semainya via WA di 62811-190-873
Paket Semai murah 50rb

Silahkan dipesan
by : indraambogahidroponik.blogspot.co.id




6 comments:

  1. Bibitnya jadinya 3 bungkus atau 4 bungkus Pak Indra. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk paket dapet 4 bungkus Pak / Bu. Kangkung, selada, Bayam, sawi. Atau tergantung stock

      Delete
    2. Untuk paket dapet 4 bungkus Pak / Bu. Kangkung, selada, Bayam, sawi. Atau tergantung stock

      Delete
  2. Pak Indra..saya mau coba donk beli 1 hehe..

    ReplyDelete
  3. Siap Mbak Ratu, besok saya anter.
    Terima kasih ordernya.

    ReplyDelete