Search This Blog

Tuesday 31 May 2016

Hama Tanaman Hidroponik


Beberapa hari lalu saya melihat ada sebagian daun Sawi Hidroponik saya yang daunnya tidak utuh alias hilang sebagian. Awalnya saya mengira ini karena sehabis hujan besar pohonnya rubuh atau jatuh ke air yang menyebabkan daunnya jadi rusak. Tapi hari ini saya sudah menemukan penyebab daun sawi hidroniknya tidak utuh, yaitu belalang ( ini adalah sejenis binatang yang aneh, karena kalau siang makan nasi tapi kalau malam minum susu he...he...he... ).
Tersangka baru tertangkap mata saya hari ini sedang nempel di pohon hidroponik yang lain dan langsung saya amankan, supaya jangan sampai jadi semakin besar dan banyak karena memberi info ke geng-nya kalau ada banyak makanan lezat di tempat Hidroponik sederhana saya. Setelah diabadikan, langsung saya lepaskan jauh kedepan dan semoga tidak kembali mencicipi sawi, pakchoy, dan hidroponik lainnya. Aamiin.
Selain belalang ada juga beberapa hama lainnya yang pernah mampir di hidroponik dan akuaponik saya.
Waktu saya menanam pohon secara akuaponik ( menanam menggunakan kolam lele untuk nutrisi tanamannya, dari tanaman dikembalikan lagi ke kolam lele ) hama yang pernah saya temui diantaranya :

  • semut, sukanya merubungi tanaman kangkung akuaponik
  • kutu putih, kalau ini menempelnya di pohon tomat dan cabe Akuaponik
  • plus yang terbaru, belalang di sawi hidroponik
Selain 3 hama diatas yang pernah saya alami, ada teman saya yang tanamannya di makan tikus ketika masih kecil usia 2 - 3 minggu, di acak-acak dan di patok ayam + diinjak kucing yang mau naik ke atas genteng.

Itulah kenapa hidroponik sederhana saya, di beri atap fiber untuk perlindungan dari hujan / angin dan khawatir ada kotoran burung yang nyasar juga yang menjadikan sayuran tidak bisa dikonsumsi. Bagian sampingnya saya beri kain kasa untuk melindungi dari serangga-serangga seperti belalang, cencorang, capung, dll yang membuat daun tanaman hidroponik jadi sobek dan tidak di terima pasar kalau di jual ke konsumen premium seperti hotel dan restoran.

Dengan perlindungan sederhana untuk hidroponik yang sederhana juga, saya harap bisa menghasilkan kualitas, sawi, pakchoy, cabe, tomat dan selada hidroponik yang tidak sederhana alias hidroponik kualitas premium. Aamiin.


Selamat menjaga
by : indraambogahidroponik.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment