Search This Blog

Saturday 28 May 2016

Hidroponik murah menggunakan talang air

Kenapa saya sarankan menanam hidroponik di talang air, karena ini tempat yang paling murah dan mudah pembuatannya di bandingkan menggunakan paralon ataupun gully.
Harga paralon model sedang (tipe D) sekitar 70ribu rupiah dengan panjang 4 meter + masih harus di lubangi lagi untuk penempatan tanaman hidroponiknya
Talang air + karpet
Pipa pembuangan supaya air tidak penuh

Talang untuk semai dan remaja

paralon type D
Gully





Harga gully 40 - 70 ribu per meter sudah ready dengan lubang tanaman hidroponiknya, sudah siap untuk digunakan dan secara penampilan terlihat paling bagus dan keren.
Harga talang air hanya 40ribu dengan panjang 4 meter, untuk tutup atasnya saya menggunakan karpet talang yang warna merah permeter sekitar 20ribu. Melubanginya juga mudah, cukup menggunakan gunting atau cutter. Alternatif penutup lainnya bisa juga kalau mau menggunakan stereofoam.
Total hanya dengan penutup ujung talang mungkin menghabiskan dana sekitar 100ribuan saja, tapi kita sudah punya kebun sepanjang 4 meter

Kenapa tanaman hidroponik yang menggunakan talang air, harus kita tutup bagian atasnya ?
  • Penutup itu gunanya supaya bila hujan turun, airnya tidak masuk / tidak terlalu banyak yang masuk ke dalam talang yang air sudah kita beri nutrisi AB Mix. Kalau terlalu banyak air hujan yang masuk ke dalam larutan nutrisi, menjadikan larutan nutrisi yang awalnya sudah kita berikan 600 ppm berubah menjadi misalnya 200 ppm. 
  • Yang kedua supaya air nutrisi tidak menjadi hijau karena berlumut akibat langsung terkena sinar matahari setiap harinya, yang bisa menghambat penyerapan nutrisi oleh akar
  • Kedua hal diatas akan menyebabkan tanaman hidroponik kita tidak bisa tumbuh dengan maksimal, karena kekurangan nutrisi. Ciri nutrisi yang baik kelihatan dari akar tanaman yang tidak terlalu banyak tetapi tanaman tetap besar dan hijau.
Botol bekas, harus di cat botolnya
supaya tidak tembus matahari

Untuk tempat menanam yang lebih murah lagi bahkan gratis bisa menggunakan bekas minuman mineral yang di potong bagian atasnya lalu potongan tersebut dibalik dan dimasukkan ke potongan yang bawah. Atau dilubangi di dua titik untuk menanam 2 bibit sayuran hidroponik.

Walaupun murah tapi nantinya akan sedikit merepotkan kalau kita punya misalnya 15 botol tanaman, kita harus mengecek dan mengisi air nutrisi AB Mix di 15 botol satu persatu. Tapi kalau menggunakan talang kita cukup angkat 1 tanaman hidroponik di satu lubang saja untuk mengecek dan mengisi air nutrisinya, otomatis air nutrisi akan mengaliri seluruh talangnya.

Jadi pilihannya :
  • menanam hidroponik di botol bekas yang gratis dengan sedikit kerepotan pengecekan dan pengisian air nutrisi AB Mix
  • menggunakan talang air yang murah meriah, tidak terlalu repot tapi kurang menarik
  • menggunakan gully yang lumayan mahal tapi kelihatan sangat bagus dan tidak mengganggu pemandangan rumah kita
Silahkan dipilih sesuai selera masing-masing, karena dari botol bekas yang gratis pun kalau kita menghias dengan kreatif, tetap bisa menarik untuk di tempatkan dihalaman rumah kita.

Jadi tunggu apalagi, ayo segera berhidroponik kalau mau dapat sayuran segar dan sehat dari kebun sendiri.

Artikel terkait Cara membuat penyangga tanaman hidroponik 2 tingkat dari Paralon


Semoga bermanfaat
indraambogahidroponik.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment