Search This Blog

Friday 20 May 2016

Hidroponik remaja dan dewasa

Setelah bibit tanaman hidroponik sudah berumur 2 minggu serta berdaun 4 dan mulai besar di baskom semai, tanaman bisa dipindah ke dalam paralon / talang hidroponik yang sudah diisi dengan nutrisi AB Mix dengan nilai 500 ppm. Cara untuk mendapatkan nilai nutrisi AB Mix 500 ppm ini dengan cara mencampurkan 1 liter air tanah dengan 2,5ml larutan nutrisi A di kocok dulu, lalu masukkan lagi 2,5ml larutan nutrisi B ke dalam air yang sama (ingat hanya 1liter air tanah saja, atau perbandingannya 2,5:2,5:1 ).

Nilai nutrisi AB Mix 412 ppm,
diukur menggunakan TDS Meter
4ml + 1,5 ltr air untuk ppm sekitar 500an


Kalau ingin mendapatkan nilai nutrisi tetap 500 ppm tapi akan dicampur dengan 2 liter air tanah, maka larutan nutrisi A dan nutrisi B harus sebanyak sebanyak 5ml.
Kalau ingin mendapatkan nilai nutrisi tetap 500 ppm tapi akan dicampur dengan 10 liter air tanah, maka larutan nutrisi A dan nutrisi B harus sebanyak sebanyak 25ml.
Bila larutan Nutrisi A dan nutrisi B takarannya tetap 2,5 ml di campur dengan 2 liter air tanah, maka hanya akan di dapatkan nilai nutrisi AB Mix sebesar 250ppm saja.
Untuk mudahnya kita bisa menggunakan alat ukur yang namanya TDS meter untuk mengukur ppm air nutrisi AB Mix kita. Cara kerjanya  hanya perlu di on-kan saja TDS meternya dan dicelupkan kedalam campuran larutan yang sudah kita buat, maka di TDS meter akan langsung terlihat nilai ppm dari larutan nutrisi AB Mix-nya

Selada Usia2 minggu

Selada Usia 17 
Sawi usia 17 hari dan kangkung

Usia 3 minggu
Usia 3 minggu
Usia 4 minggu

Usia 4 minggu

Usia 4 minggu
Selanjutnya, cara mengukur PPM air nutrisi menggunakan TDS meter

Selamat mencoba
by : indraambogahidroponik.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment